Minggu, 01 Januari 2012

Situs Download Film & Software GRATIS TERBESAR Di Indonesia

Situs Download Film & Software GRATIS TERBESAR Di Indonesia

Link to www.TheHack3r.com

'Global Warming' Perparah Penyakit Infeksi !!!

Posted: 01 Jan 2012 03:22 PM PST

Kuman atau mikroorganisme penyebab penyakit, seperti bakteri dan virus, telah ada sebelum dimulainya peradaban manusia. Penyakit infeksi sekarang adalah hasil evolusi dari zaman prasejarah yang disebabkan oleh kuman yang sama.
Demikian disampaikan Spesialis Mikrobiologi Klinik, Prof Dr Djoko Widodo, Senin (21/6/2010) di Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta.


Djoko Widodo kemudian menerangkan bahwa di dunia kini ada beberapa penyakit infeksi yang menjadi perhatian, yakni malaria, AIDS, dengue, avian influenza (flu burung), dan tuberkulosis. "Pada dasarnya, antimikroba adalah solusi atas permasalahan penyakit infeksi ini. Tetapi, mikroba tetap menjadi penyebab kematian kedua di seluruh dunia, terutama negara berkembang," katanya.


Indonesia termasuk salah satu negara yang kini tengah menghadapi hal tersebut di masa depan dalam bidang penyakit infeksi. "Ada tiga hal yang menyebabkan penyakit infeksi akibat mikroba semakin berkembang, yakni resistensi antibiotik ganda, bioterorisme, dan pemanasan global," ungkapnya.
Terkait kasus resistensi antibiotik ganda, ia menjelaskan bahwa hal ini sudah alami terjadi sejak ditemukannya pe*nisilin sebagai antimikroba pada tahun 1943. "Ketika penggunaannya mulai berlebihan, maka resistensi mikroba atau bakteri akan semakin cepat," ungkapnya.
Menurut Djoko, resistensi itu dapat disebarkan dari bakteri ke bakteri lain walaupun berbeda jenisnya. Djoko menerangkan, resistensi itu juga yang menyebabkan adanya kekebalan ganda yang menimbulkan penyakit infeksi serius.


Pemanasan global turut berperan pada peningkatan penyakit infeksi, seperti malaria, dengue, dan penyakit virus lainnya. Setiap peningkatan satu derajat celsius akan meningkatkan 50 juta kasus infeksi dengue. "Teror penyakit infeksi sudah tidak bisa dipandang sebelah mata lagi," katanya.
"Perlu adanya diagnosis yang cepat untuk menentukan terapi yang tepat," jelas Djoko. Selain itu, ia memandang perlu peningkatan pengetahuan di bidang genome agar mikro-organisme seperti bakteri dan virus dapat segera teridentifikasi yang bermanfaat bagi diagnosis penyakit. sumber

Murah Banget! Buka Tambang Cuma Rp 50 Juta

Posted: 01 Jan 2012 03:17 PM PST

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sudah menyatakan bahwa ia akan mendedikasikan dua tahun terakhir masa kepemimpinannya untuk melindungi hutan. Ternyata, menjelang 2011 berakhir, muncul kasus-kasus kekerasan menonjol terhadap masyarakat yang melibatkan penggunaan hutan (atau lahan) akibat konflik dengan perusahaan-perusahaan yang mengeksploitasi sumber daya alam.


Kita tentu masih ingat kasus Mesuji yang langsung mendapat perhatian nasional serta penanganan berupa pembentukan tim pencari fakta. Beberapa hari berikutnya, muncul juga kasus penembakan oleh polisi terhadap dua orang pemrotes yang menduduki pelabuhan Sape, di Bima, Nusa Tenggara Barat. Dalam peristiwa tersebut, selain dua orang tewas, terdapat 31 korban luka-luka.

Di Riau, warga Pulau Padang melakukan aksi jahit mulut di DPRD Riau sebagai aksi protes terhadap aksi intimidasi menjelang dibukanya hutan tanaman industri oleh perusahaan besar PT Riau Andalan Pulp and Paper di wilayah mereka. Kasus ini juga terjadi pada Desember 2011.


Pada bulan yang sama juga, Mahkamah Agung membatalkan status Taman Nasional untuk Batang Gadis, Sumatera Utara. Status Taman Nasional Batang Gadis gugur akibat uji materi yang diajukan oleh PT Sorik Mining--perusahaan pertambangan patungan antara PT Aneka Tambang dengan Australia.

Dengan beberapa kasus ini, tentu wajar jika kita bertanya, di mana perlindungan yang dijanjikan oleh Presiden tersebut?

Memang, hutan-hutan di Indonesia punya kategori penggunaan yang berbeda-beda. Ada yang tak boleh disentuh, ada yang boleh dikelola untuk memperoleh keuntungan ekonomi. Tetapi, Indonesian Center for Environmental Law (ICEL/Pusat Hukum Lingkungan Indonesia) melihat contoh-contoh kasus tersebut sebagai penanda bahwa pemerintah kita tak serius dengan perlindungan hutan.

"Masyarakat kita dikungkung oleh ketidaktahuan akan investasi kehutanan di Indonesia," kata Direktur Eksekutif ICEL Henri Subagiyo di Jakarta, Kamis (29/11).

Selain transparansi dari soal pemberian izin pengelolaan hutan, ICEL juga menilai pemerintah belum mengakui bahwa lingkungan punya daya dukung yang terbatas. Sebagai contoh, sekitar 65% wilayah Kota Samarinda di Kalimantan Timur sudah diberikan untuk izin pengelolaan pertambangan.

Data itu diperoleh dari Dinas Pertambangan Kota Samarinda. Sementara data Jaringan Advokasi Tambang Kalimantan Timur malah menemukan 70,66% wilayah Kota Samarinda akan digunakan untuk usaha pertambangan. Itu baru pertambangan, belum lagi untuk perkebunan atau permukiman.

Satuan Tugas Pemberantasan Mafia Hukum sudah pernah merilis data pelanggaran izin pemanfaatan hutan untuk pertambangan dan perkebunan. Di Kalimantan Tengah saja, ada 606 unit tambang (68%) serta 285 unit perkebunan (32%) dengan izin bermasalah. Jumlah lahan yang bermasalah tersebut mencapai 3,67 juta hektar untuk pertambangan dan 3,8 juta hektar untuk perkebunan.

Untuk mempercepat penanganan kasus, Satgas Pemberantasan Mafia Hukum menginstruksikan agar Kementerian Kehutanan memprioritaskan 63 izin bermasalah, terdiri atas 54 perkebunan kelapa sawit dan 9 pertambangan. Lahan seluas 855 ribu hektar ini diprioritaskan karena cakupannya yang sangat luas.

Perusahaan pemilik izin juga sudah jelas melakukan aktivitas di dalam kawasan hutan konservasi tinggi. Ternyata, sampai sekarang, Kementerian Kehutanan pun belum melakukan apa-apa terhadap 63 izin ini. Sanksi pidana terhadap pejabat negara yang memberi izin pun tidak ada.

Kadang memang Kementerian bisa berdalih bahwa wewenang pengelolaan hutan ada di tingkat daerah, tapi, Satgas Pemberantasan Mafia Hukum sudah memastikan bahwa kawasan hutan untuk 63 izin ini berada di bawah pengelolaan Kementerian Kehutanan. Sehingga seharusnya Kementerian tak bisa lagi berdalih.

Kalimantan Tengah menjadi pusat prioritas Satgas Mafia Hukum karena kawasan ini akan menjadi proyek percontohan buat skema mengurangi emisi akibat penebangan dan kerusakan hutan (Reducing Emissions from Deforestation and Forest Degradation/REDD+).

Dalam Konferensi Perubahan Iklim PBB di Durban pada akhir November lalu, pemerintah Indonesia bolak-balik memamerkan pada dunia internasional bahwa Kalimantan Tengah siap menjadi wilayah percontohan pelaksanaan REDD+.

Kepala Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan sekaligus Kepala Satgas REDD+ Kuntoro Mangkusubroto juga menyatakan bahwa Kalimantan Tengah akan menjadi semacam laboratorium untuk pembangunan ekonomi Indonesia selanjutnya.

Pembangunan ekonomi Indonesia ke depan, menurut Kuntoro, harus menyeimbangkan antara pertumbuhan ekonomi dengan kelestarian lingkungan. Dan Kalimantan Tengahlah yang akan jadi pionirnya untuk menentukan bagaimana keseimbangan itu bisa diraih.

Hanya saja, ICEL menemukan bahwa meski komitmen-komitmen serta status wilayah percontohan REDD+ itu sudah disematkan di Kalimantan Tengah dan diakui dunia sejak 2009, tetap saja izin-izin pengelolaan hutan untuk pertambangan dan perkebunan masih tetap keluar di tingkat bupati. Dan tidak ada sanksi pula atas pejabat yang memberi izin tersebut.

Masih ada daerah-daerah selain Kalimantan Tengah yang, menurut ICEL, memiliki tingkat keruwetan sama dari segi pemberian izin kelola hutan, yaitu Riau dan Papua.

Selain itu, ICEL juga belum melihat adanya penegakan hukum yang berarti dari pelanggaran-pelanggaran peraturan lingkungan ini. Dari pengkajian ulang izin-izin pengelolaan hutan yang sudah dikeluarkan, Satgas Mafia Hukum sudah menemukan berbagai macam pelanggaran dengan bukti jelas. Itu pun belum ditindaklanjuti. "Jika masalah perizinannya ada di tata ruang, maka pejabat yang memberi izin seharusnya bisa kena," kata Henri.

Dia juga berharap 2012 menjadi awal diberlakukannya terapi kejut, bahwa bukan hanya pengusaha penyalahguna izin yang bisa kena hukuman, tapi juga pejabat pemberi izin.

ICEL mengindikasikan perizinan sebagai sektor yang paling rawan korupsi dengan nilai kerugian yang jauh lebih fantastis daripada korupsi pengadaan barang dan jasa di APBN.

"Masyarakat kan kangen dengan penegakan hukum di kasus pencemaran lingkungan misalnya. Mungkin bukan kangen juga sih, tapi memang tidak pernah terjadi (penegakan hukum di bidang lingkungan itu)," tambah Henri.


Selain itu, kerusakan lingkungan akibat tambang batubara pun belum bisa dibendung karena izinnya yang sangat mudah. Menurut Dyah Paramita, peneliti ICEL untuk pertambangan, untuk mendapat izin membuka tambang, hanya butuh modal Rp 50 juta. Status perusahaannya pun tak butuh PT yang pemodalannya ratusan juta, cukup CV yang didaftarkan pada notaris dan dengan dua nama terdaftar di bawahnya.

CV yang akan meminta izin ini juga tak perlu melampirkan pengetahuan khusus di bidang pertambangan. "Padahal untuk membuka tambang kan perlu pengetahuan teknik menggali, teknik reklamasi (perbaikan lahan sesudah menambang). Syarat awalnya saja sudah sangat longgar. Dan standar-standar ini tidak ditingkatkan," kata Dyah.

Dengan berbagai kemudahan izin yang diberikan pada investor yang merusak lingkungan, ketiadaan penegakan hukum yang berpihak pada hutan, serta minimnya informasi yang diberikan pada warga, sangat mungkin tren konflik lahan seperti yang terjadi pada akhir 2011 ini akan makin sering terjadi di 2012.

Apakah kita bisa menerima munculnya konflik-konflik Mesuji lainnya? sumber

Konser Musisi Asing di Awal 2012

Posted: 01 Jan 2012 06:21 AM PST

Kedatangan rombongan musisi mancanegara ke Indonesia masih terus berlanjut dan makin ramai di tahun 2012. Saking padatnya jadwal, jarak antar waktu konser pun semakin dekat. Apakah menguntungkan atau justru menyusahkan? Hanya penonton yang bisa memutuskan.

Pada Januari 2012, sudah menanti sederet artis luar negeri yang akan menggelar konser di Indonesia. Tak hanya di Jakarta, mereka juga akan manggung di beberapa kota lain. Inilah mereka:

7 Januari 2012: Scissor Sisters di Hard Rock Café, Bali.
Untuk menonton konser grup musik pop disko asal Amerika yang ngetop dengan "I Don't Feel Like Dancin'" ini, silakan berburu tiket masuknya seharga Rp 500.000 (presale). Kabarnya, sebuah single dari album baru mereka akan dirilis lima hari sebelum kedatangan mereka. Penyelenggara: Hard Rock Café Bali dengan promotor asal Singapura, LAMC Productions.

11 Januari 2012: Foster the People di Tenis Indoor Senayan, Jakarta.
Tiket pertunjukan grup pop rock asal Los Angeles pengusung nomor-nomor macam "Pumped Up Kicks" dan "Houdini" ini tersedia dalam tiga kelas dengan kisaran harga Rp 398.000 s/d Rp 979.000. Promotor: 3 Ocean Live

13 Januari 2012: AJ Rafael di Hard Rock Café, Jakarta.
AJ Rafael adalah salah satu contoh lain penyanyi yang mengawali karier dari YouTube pada tahun 2006. Juni 2011 lalu album pertamanya bertajuk "Red Roses" sudah dirilis. Untuk pertunjukannya di Jakarta, tanda masuknya Rp 250.000. Promotor: StarD Protainment.

17 Januari 2012: Simple Plan di Istora Senayan, Jakarta.

Harga tiket pertunjukan grup musik pop punk asal Kanada ini mulai dari Rp 400.000 s/d Rp 1.350.000. Promotor: Big Daddy Live Concerts.

18 Januari 2012: Simple Plan di Grand City Surabaya, Surabaya.
Sementara di Surabaya, tiket konser band pengusung tembang seperti "Welcome to My Life", "When I'm Gone", dan "Jet Lag" ini tersedia pada kisaran harga Rp 350.000 (Festival B) s/d Rp 550.000 (Festival A). Promotor: Big Daddy Live Concerts.

19 Januari 2012: Katy Perry di Sentul International Convention Center, Sentul, Bogor.
Harga tiketnya sih berkisar Rp 650.000 s/d Rp 2.700.000, tapi sayangnya sekarang tiketnya sudah terjual habis. Kalau masih penasaran menyaksikan penampilan penembang "Firework" dan "Last Friday Night (T.G.I.F.)" ini, coba berburu tiket gratis lewat kuis yang diadakan oleh sejumlah merek pendukung acaranya. Promotor: Ismaya Live, FM Live Production, dan Sound Rhythm.

31 Januari 2012: Rod Stewart di Jakarta Convention Center, Jakarta.
Mereka yang mengalami masa remaja di era '80-an tentu penasaran ingin menyaksikan langsung penampilan Rod Stewart. Tiket dijual dengan harga Rp 1.500.000 s/d Rp 15 juta. Promotor: Big Daddy Live Concerts. Sumber

VIDEO: Kolaborasi Simple Plan dengan Kotak

Posted: 01 Jan 2012 06:19 AM PST

Grup band asal Indonesia "Kotak" boleh berbangga karena bisa berkolaborasi dengan grup band "Simple Plan" asal Amerika Serikat. Saat konser Simple Plan yang akan diselenggarakan di Jakarta (17 Januari 2012) dan Surabaya (18 Januari 2012), Kotak memang didaulat untuk menjadi band pembuka.

Menurut Tantri Kotak, dalam setiap konser mereka, Simple Plan memang selalu mengajak musisi wanita lokal untuk berkolaborasi.

Kotak diajak kolaborasi dalam lagu "Jet Lag", lagu kolaborasi Simple Plan dengan Natasha Bedingfield. Suara Tantri, vokalis Kotak, akan menggantikan suara Natasha Bedingfield.

Seperti apa jadinya? Mari simak video berikut ini.


Sumber

XIA AIMEI: Fakta Suram di Sudut Jakarta

Posted: 31 Dec 2011 10:23 PM PST

Ada harapan bagi industri film Indonesia saat tahun 2012 dibuka dengan film yang tak ada hubungannya dengan kuntilanak, pocong, dan hantu-hantu konyol lain. Mulai 12 Januari nanti, jika Anda datang mengunjungi bioskop terdekat, akan ada satu film berjudul "Xia Aimei", dengan poster yang menampilkan seorang gadis cantik berwajah oriental.


Film Cina?
Bukan. Xia Aimei adalah film asli buatan Indonesia, digarap oleh sutradara muda Alyandra. Di film pertamanya, ia berani memotret kehidupan suram di suduh ibukota. Film ini memaparkan kepahitan hidup yang dialami Xixi, gadis cantik asal China dan sejumlah gadis cantik lainnya dari berbagai penjuru Negara yang menjadi korban human trafficking dan dipaksa menjadi gadis penghibur di sebuah klub mewah di Jakarta.


Gadis cantik berwajah oriental yang ada di poster film adalah Franda, mantan VJ MTV yang memang berdarah China. Sama seperti sang sutradara, Xia Aimei juga merupakan film pertama Franda. Namun ia mendapat banyak dukungan dari aktor dan aktris lain yang ikut bermain di film ini seperti Olga Lidya, Samuel Rizal, Daanish, dan Ferry Salim. Xia Aimei juga menampilkan (ex Briptu) Norman Kamaru yang akan muncul sebagai intel.

Franda sempat berbagi kisahnya selama syuting Xia Aimei di China dan Indonesia.


Seperti apa karakter yang kamu mainkan di film ini?
Xi Xi itu orang China asli yang nggak bisa bahasa Indonesia sama sekali, terus di sini dia dijebak.

Bagaimana awalnya sampai kamu bisa dapat peran ini?
Awalnya aku dipanggil casting karena katanya memang lagi cari yang wajahnya kayak aku. Aku sih nothing to lose aja, ikutan casting. Ternyata lolos.

Ada persamaan antara karakter kamu dengan Xi Xi?
Karakter dan latar belakang mungkin sama, ya. Aku juga kan Chinese. Xi Xi itu asalnya dari Guangxi, China yang nggak terlalu kota. Aku juga dari Malang, kota yang nggak terlalu gede. Bedanya mungkin Xi Xi itu orangnya polos banget, lugu. Tapi dia berprinsip karena nggak mau dijual.

Butuh berapa lama untuk mendalami karakter Xi Xi?
Karena banyak persamaan, jadi nggak terlalu lama. Aku baca scriptnya dan ceritanya secara keseluruhan, dan sebelum syuting ada workshop juga di mana aku lebih mendalami karakter. Dari awal casting sampe syuting sekitar 3 mingguan lah.

Ini pertama kalinya kamu main film. Gimana rasaya?
Ini pengalaman pertama, dan ternyata baru beberapa hari syuting udah banyak yg harus aku mainin. Seru, ya, karena aku udah harus akting sedih, takut, dan gimana rasanya teraniaya. Harus jatuh sampai lebam-lebam, ditampar, ditarik-tarik. Tapi yang beneran kena banget tuh adegan saat aku say goodbye ke teman-teman. Di situ aku berhasil nangis sama Daanish. Menarik sih, karena pertama kali main film aku udah nyobain semua emosi.

Di film ini kamu jadi perempuan asli China yang hanya bisa bahasa Mandarin. Sulit nggak?
Disuruh pakai bahasa Mandarin itu kendala banget sebenarnya, karena aku nggak bisa sama sekali. Pernah belajar sih, dulu banget, tapi sangat dasar. Kalau di bahasa Indonesia sih kayak baru belajar, "Ini ibu Budi" gitu. Di keseharian juga nggak pernah pake. Tapi untungnya dulu sering nonton film Mandarin dan serial kayak Meteor Garden. Hehehe... Jadi lama=lama bisa. Aku ini casingnya doang yang China, dalemnya rusia. Hehehe...

Kamu juga harus berhadapan akting dengan Samuel Rizal yang akan jadi love interest Xi Xi di film ini. Susah nggak, dapetin chemistry-nya?
Aku tuh baru ketemu dan baru kenal sama Sammy pas workshop. Tapi karena kita kerja di dunia entertainment yang harus ketemu sama banyak orang di setiap kerjaan, kita udah terbiasa harus cepet dapetin chemistry. Nggak susah kok untuk dapet chemistry itu. sumber

Shah Rukh Khan Tersandung Masalah Hukum

Posted: 31 Dec 2011 10:09 PM PST

Raja Bollywood, Shah Rukh Khan, saat ini sedang menghadapi masalah pasca ia menampilkan lagu dari film terbarunya 'Ra.One'.



Departemen Polisi Kerala menerima laporan bahwa Shah Rukh menari dengan wanita berpakaian minim. Shah Rukh Khan berada di pameran tekstil 4 Desember lalu untuk peresmian film tersbut, dan selama acara itu, ia menarikan Chamak Challo dari film terbarunya 'Ra.One'.

Shah Rukh Khan tampil dengan banyak wanita berpakaian minim dan sekarang ia didakwa dengan tuduhan "melanggar ketentuan berpakaian tak senonoh terhadap wanita".

Polisi menyatakan kasus itu sekarang dibebankan pada Shah Rukh Khan dan mitranya dari pameran tekstil yang menyelenggarakan acara bersama-sama dan mengundang Shah Rukh. sumber

[Penting Baca Ini Dulu Sebelum Share] Peraturan Forum Berita Selebriti

Posted: 31 Dec 2011 10:05 PM PST

Forum Berita Selebriti dikhususkan untuk berita-berita yang berkaitan dengan olahraga baik berita selebriti dalam negeri maupun berita selebriti internasional dan untuk berita-berita umum selain berita selebriti silahkan menuju Forum Berita Dalam Negeri atau Forum Berita Internasional.

Demi menjaga ketertiban dan kenyamanan di forum ini, maka berikut ini adalah rules yang harus ditaati dan dipatuhi setiap TheHack3r selain mentaati Global Rules.

Quote:

Rules Thread
  1. Sebelum membuat thread gunakanlah menu "search" untuk mencari apakah tema atau judul yang akan anda buat sudah pernah di buat sebelumnya oleh member lain atau belum untuk menghindari berita repost.
  2. Dalam membuat thread pilihlah tema yang berbobot dan berkualitas serta usia berita tidak lebih dari 10 hari.
  3. Mencantumkan link sumber berita(identitasnya) dengan jelas.
  4. Sumber berita adalah situs media massa bukan situs pribadi atau blog pribadi (facebook, twitter, blogspot, wordpress, dll tidak diterima).
  5. Situs sumber memiliki validitas, kredibilitas dan factual.
  6. Dilarang membuat thread cerita, foto, gambar, kartun dan video pornografi baik telanjang ataupun setengah telanjang.
  7. Dilarang mencantumkan link situs atau link unduh yang di dalamnya berisikan materi pornografi.
  8. Dilarang membuat thread yang bertujuan berjualan, promosi atau berbisnis baik jasa, barang atau web selain di Forum Jual Beli.
  9. Di harapkan TS tidak tergesa-gesa dalam membuat thread karena lebih baik membuat thread beberapa buah saja tapi berbobot daripada memba*bi buta membuat thread banyak sekaligus tetapi isi ecek-ecek.
  10. Setiap TS harus bertanggungjawab atas thread yang sudah dibuatnya. Jika TS Hit and Run / posting berita lalu kabur tidak kembali atau membuat thread yang memancing keributan maka Thread yang bersangkutan akan di-CLOSE atau di-DELETE.
  11. Gunakanlah font standar dalam membuat thread kecuali judul thread atau sub judul yang memang perlu diberi huruf besar.
  12. Membuat thread boleh menggunakan bahasa Inggris atau Indonesia, atau bahasa inggris yang diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia.


Quote:

Rules Post
  1. Dilarang post tulisan/foto/gambar/kartun (berukuran kecil ataupun besar) yang tidak ada hubungannya dengan thread.
  2. Dilarang post dengan hanya menggunakan gambar/emoticon saja.
  3. Dilarang post menggunakan kata-kata kasar, caci maki/sumpah serapah.
  4. Dilarang post double/triple dengan tulisan yang sama.
  5. No Junker, please... (pertamax gan, nice info gan, ijin nyimak gan, sundul dulu gan dll), No Spam n No SARA.
  6. Tidak keluar dari topik (OOT) bagi post.
  7. Dalam posting tidak menyerang pribadi administrator, moderator, atau user lain (flaming).
  8. Dilarang memprovokasi satu sama lain berdasar suku, agama,ras atau golongan(trolling).


- Peraturan ini dapat berubah sewaktu-waktu untuk disesuaikan.

- Tindakan yang akan diberikan apabila melanggar rules di atas adalah penutupan thread/penghapusan thread/penghapusan post/banned ID/IP dengan atau tanpa peringatan/pemberitahuan terlebih dahulu.

- Untuk melaporkan thread/post yang dianggap bermasalah dan tidak sesuai dengan Rules Forum Berita Selebriti, maka laporkanlah ke moderator melalui fitur Visitor Message/Private Message/Tombol Report Post yang terletak di pojok kiri bawah thread/post yang dianggap bermasalah.

- Untuk laporan, kritik, saran, dan pertanyaan seputar TheHack3r.com secara umum, silakan kunjungi ruang Kritik, Saran, dan Pertanyaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar